“Kita bekerja bukan untuk memenuhi obsesi pribadi melainkan untuk ibadah. Kita harus ikhlas menjalani seluruh amal baik. Proyek Allah akan dibiayai Allah manusia hanya bisa menjalankannya.” Tetap semangat Yakinlah Allah bersama kita yang akan senantiasa menolong kita. diberengi dengan usaha dan doa yang membutuhkan waktu ekstra dan cukup menguras tenaga untuk mengoptimalkan segala kemampuan dalam diri untuk mendapatkan hasil yang terbaik pastinya.

Kadang kita merasa jenuh dengan aktifitas kita yang lumayan padat, harapannya bisa mengoptimalkan apa yang menjadi amanahnya. Karena amanh itu tidak diminta tetapi diberi, Allah memberikan amanah itu memang sudah tanggung jawab kita mau ataupun tidak mau , serta dilaksanakan semampunya untuk menjalani amanah itu.
 

"Sesungguhnya Kami telah mengemukakan amanat kepada langit, bumi dan gunung-gunung, maka semuanya enggan untuk memikul amanat itu dan mereka khawatir akan mengkhianatinya, dan dipikullah amanat itu oleh manusia. Sesungguhnya manusia itu amat zalim dan amat bodoh, sehingga Allah mengazab orang-orang munafik laki-laki dan perempuan dan orang-orang musyrikin laki-laki dan perempuan; dan sehingga Allah menerima taubat orang-orang mukmin laki-laki dan perempuan. Dan adalah Allah Maha Pengampun lagi Maha Penyayang" Al Ahzab : 72 - 73

Walaupun tidak mudah seperti yang dibayangkan, semuanya adalah proses untuk belajar karena dunia ini adalah tempat belajar dan menanam benih sebelum nantinya kita akan memperoleh hasilnya di akherat. medan yang sebenarnya adalah dunia ini sebagai media untuk kita mempersiapkan diri mengahadap kehadirat Ilahi Rabbi guna untuk mempertanggung jawabkan apa yang telah kita lakukan, sebagai janji kita sebelum dilahirkan dan setelah dilahirkan. 

Kadang rasa putus asa itu muncul, tetapi itu adalah rayuan setan, setan yang senantiasa memberikan harapan-harapan indah tetapi sebenarnya itu hanyalah harapan kosong belaka tidak ada realitanya. Kuncinya adalah tetap istiqomah saudaraku dan memohonlah kepada Allah Karena Allah tidak akan menguji hamba Nya di luar batas kemampuannya. 

Allah adalah tempat memohon dan hanya kepada Allah kita akan kembali. Allah tempat bergantung, bila banyak masalah memohonlah hanya kepada Allah, Bila kita dekat dengan Allah maka apa yang kita inginkan Insya Allah akan Allah kabulkan. Positif thinking bahwa apa yang Allah berikan kepada kita itulah yang terbaik untuk kita. Karena Allah yang Maha Mengetahui, Maha Bijaksana, Maha Segalanya,……… 

Kadang atau seringkali kita manusia hanya bisa mengeluh dan sedikit bersyukur padahal banyak sekali nikmat yang Allah berikan kepada kita sejak kita lahir hingga sekarang ini. Tidak terhitung nikmat itu, tetapi kita sebagai hamba Nya berapa waktu yang kita gunakan untuk mengingat Allah bersyukur akan nikmat yang Allah berikan 24 jam/hari berapa menit kita gunakan untuk mengingat Allah. 

sesungguhnya dunia ini hanya sementara semoga kami dapat memanfaatkan sisa umur hidup di dunia ini dengan baik. Senantiasa istiqomah di jalan Nya, karena hanya kepada Nya kita akan kembali. Semoga kita senantiasa diberikan kemudahan dalam menjalani hari-hari di dunia ini untuk mendapatkan ridho Nya. 

Manusia hanya bisa merencanakan, berusaha, berdoa dan berikhtiar selanjutnya hanya Allah Subhanahu Wata'ala yang menentukan semoga kita menjadi salah satu orang-orang yang senantiasa bersyukur atas nikmat yang telah Allooh berikan, dan semoga diberikan tempat peristirahatan di surga nantinya. Amin… 

Semangat tiada henti, belajar dan terus belajar karena semuanya butuh proses, jatuh bangun suatu hal yang bisa membangun kita untuk menjadi lebih baik,  jangan merasa puas apa yang didapatkan sekarang karena kesempurnaan hanya milik Allah. Semoga senantiasa menjadi pribadi yang tawaduk dijauhkan dari sifat sombong… Amin..

Wallahu A'lam

0 comments