Sebagaimana kita ketahui bahwa Penyakit Hati (iri , hasud, dengki , buruk sangka , dendam , dll) adalah penyakit psikis yang kronis dan sangat berbahaya bagi kehidupan manusia di dunia dan akhirat. Selain merusak kehidupan orang lain, penyakit ini sangat menyiksa batin penderitanya. Bahkan ia akan menderita hingga di hari akhirat. Jika Anda termasuk penderita penyakit ini, maka renungkan dengan sungguh-sungguh bahwa penyakit ini akan merusak keimanan, dan amal kebajikan anda.

Langkah-langkah pengobatannya sebagai berikut :

1. Paksa diri Anda untuk menyayangi orang yang menjadi sasaran dengki. Rasa kasih sayang itu akan dapat mengobati tekanan batin Anda yang diakibatkan penyakit dengki. Jika saat itu masih muncul kecenderungan negatif, lawan dan paksalah untuk berbuat baik. Yakinlah secara perlahan hati Anda akan menghormatinya.

2. Lihat kebaikan yang ada pada diri Anda dan renungkan dengan tulus bahwa karunia Allah itu sekarang ada padanya.

3. Paksa diri Anda untuk memuji kebaikannya di depan orang lain orang lain. Meski awalnya perilaku Anda nampak tidak wajar, karena tujuannya untuk perbaikan diri, secara bertahap akan menjadi murni dan tulus. Insya Allah, dari hari ke hari hal itu akan menjadi kenyataan dan hati Anda akan mengikuti lisan untuk mengharga nilai dan kualitas yang baik.

4. Yakinkan pada diri Anda dan pahami bahwa orang yang menjadi sasaran diri Anda adalah hamba Allah. Mungkin kelebihannya adalah karunia Allah yang saat ini Dia tetapkan baginya dan belum bagi Anda.

5. Jika orang yang menjadi sasaran dengki itu adalah seorang ulama yg diberkahi ilmu dan takwanya, Anda harus memahami bahwa dialah orang pilihan Allah, yang diberkahi jasa besarnya. Paksa diri Anda untuk mencintai dan menghormatinya.

6. Di setiap tahap penyembuhan, jangan mengira bahwa pesan moral ini tidak bisa menyembuhkan. Pikiran keliru itu dipengaruhi oleh setan dan nafsu aramah, yang ingin mengacaukan usaha anda untuk sembuh. Berharaplah kepada Allah yang telah berjanji akan membimbing dan membantu mereka yang berjuang melalui karunia-Nya yang tak terlihat.

Ketahuilah bahwa karena penyakit hati, Allah Suhanahu Wata'ala murka dan memutuskan hubungan dengan penderitanya, sehinga ia tidak punya hubungan lagi dengan-Nya.

Wallahu A'lam

0 comments