Siddiq (صدیق ) yang berarti "jujur​​" adalah istilah Islam dan diberikan sebagai gelar kehormatan kepada individu tertentu. Kata ini kadang-kadang digunakan sebagai gelar yang diberikan khusus menurut sumber-sumber Islam. Jika tidak, itu digunakan untuk menunjukkan bahwa orang tersebut benar-benar dapat dipercaya. 

Sunni 

Dalam Islam Sunni Siddiq digunakan sebagai nama panggilan untuk Abu Bakar, khalifah pertama Islam dan teman terdekat Rasulullooh Muhammad, sementara Siddiqah digunakan untuk putrinya dan istri nabi Islam Muhammad Aisha.

Syiah

Syiah menggunakan Siddiqah sebagai panggilan untuk putri Rasulullah Muhammad Fatimah. penulis Syiah yang meminta Sunni ketika merenungkan konflik mereka secara intens dan mendalam, bagaimana mungkin untuk keduanya baik Abu Bakar dan Fatimah menjadi "Siddiq", hal ini menyiratkan logika yang menuntut seseorang untuk menjadi pendusta dengan alasan yang kemudian menjadi konflik diantara mereka berdasarkan kepada kesalahpahaman murni, bukan kepercayaan mereka. 

Tasawuf

Dalam tasawuf, Siddiq adalah peringkat yang datang setelah nabi. Hal ini umumnya diberikan kepada seseorang yang diverifikasi klaim kenabiannya dalam tahap awal. Sufism percaya empat jajaran bebas waktu dan ruang dan karena itu hidup dan mati menjadi tidak berarti bagi mereka. 
Nabi - Nabi, seseorang yang mengetahui yang gaib dari Tuhan langsung Siddiq 
Hari Muslim awal yang belajar terlihat dari Muhammad 
Pejuang, seseorang yang memberikan hidup mereka untuk kehendak Allah
Shalih - Benar, seseorang yang menghabiskan setiap sedikit hidup mereka sesuai kehendak Allah dan dengan demikian mencapai status "Baqaa" melalui Fanaa, Juga disebut sebagai Wali.

Inilah 4 peringkat yang bisa diberikan gelar Siddig seperti disebutkan dalam kitab suci Al-Quran.

0 comments