'Ibnu Abbas r.a. menceritakan: "Nabi Muhammad Sallallahu ’Alaihi wa Sallam bersabda:

"Shalat akan dikesampingkan, keinginan jasmani akan dikejar, kedurhakaan akan menjadi pemimpin, akan sulit mem­bedakan kebenaran dari kebathilan, bicara bohong menjadi se­suatu yang diinginkan, pembayaran zakat akan dirasakan sebagai sebuah beban, orang-orang yang beriman akan dianggap yang paling tidak suci, dan dia akan dikorbankan pada penglihatan syaitan yang ada di seluruh lingkungannya, dan hatinya akan dilarutkan seperti garam di air, tapi tidak bisa berkata sesuatu, hujan akan bertindak tidak bersahabat, dia akan datang tidak sesuai lagi dengan musim. 

Laki-laki akan melibatkan diri dalam perzinaan dengan laki-laki, dan perempuan dengan perempuan, dan wanita akan menjadi pihak yang menguasai. Anak-anak akan tidak mentaati orang tua mereka, teman akan memperlaku­kan teman lainnya begitu jeleknya, dosa-dosa akan dilakukan demikian mudahnya. Masjid-masjid akan memiliki hiasan luar yang bagus dan dipercantik dan di dalamnya tidak akan terlalu banyak yang shalat tapi akan banyak kemunafikan dan akan sa­ling bermusuhan dalam hatinya. 

Kemudian akan muncul satu golongan orang dari barat (maghrib) yang akan menguasai orang-orang. yang lemah di antara umatku. Orang akan memperbanyak Kitab Suci Al-Qur'an dalam huruf emas, tapi tidak meng­amalkannya. Kitab Suci AI-Qur'an akan dibaca dengan lagu yang bagus dan merdu. Riba akan menjadi tumbuh dengan cepatnya. Darah manusia akan menjadi tidak ada nilainya, agama tidak akan punya penolong lagi. Wanita-wanita penyanyi akan ber­tambah jumlahnya. Orang-orang kaya akan melaksanakan iba­dah haji sebagai hiburan (melepas waktu senggang / tamasya), orang-orang kelas menengah akan bertindak sedemikian rupa dalam bidang bisnis dan orang-orang miskin akan meminta-minta untuk alasan derma.“

Wallahu A'lam

0 comments